Toyota Rush dan Daihatsu Terios adalah saudara kembar identik. Lahir dari satu “rahim” dengan sosok dan postur wajah yang sama. Kalau pun ada perbedaan, terutama dari penampilan (eksterior), adalah logo, desain rumah lampu kabut dengan ornamennya, motif pelek dan ukuran ban. Rush punya tambahan kaca spion kecil di kap mesin sisi kiri.
Di kabin, sebenarnya ada konsep mendasarkan yang membedakan target konsumen kedua SUV ini. Rush, standarnya hanya untuk lima penumpang atau punya dua deret jok. Sedangkan Terios bisa dikatakan SUV keluarga dirancang bisa memuat 7-penumpang.
Dari penampilan Rush memang dibuat lebih keren! Maklum harganya lebih mahal dari saudaranya Terios. Untuk semua tipe, Rush dilengkapi dengan roof rail, sedangkan Terios hanya model TX (lebih mahal). Ban yang digunakan juga lebih lebar, yaitu 235/60R/16, sedangkan Terios 215/6516R. Dari sini saja sudah terdapat perbedaan karakteristik.
Tambahan lain pada Rush, adanya Parking Sensor dan untuk tipe S malah ditambahkan lagi dengan Corner Sensor (bisa dimati-hidupkan melalui tombol).
“Rush untuk keluarga muda urban yang suka petualangan. Karena itu pula jumlah penumpangnya dibatasi. Sisa dibagian belakang digunakan untuk bagasi ,” lanjut Anton Sedangkan Terios merupakan SUV keluarga, ruang belakang dihuni jok baris ketiga. Kalau penumpang penuh, tentu saja tempat baru jadi sangat terbatas. Malah, agar penumpang gampang masuk ke jok barisan ketika, prosesn melipat jok di baris kedua dijadikan sales point bagi Terios dalam penampilan barunya.
Interior
Kendati demikian, menurut Anton, untuk mengubah Rush sebagai SUV 7-penumpang bisa saja. “Tinggal tambahkan jok belakang.Ketika lebaran banyak melakukannya,” jelasnya.
Kendati demikian, menurut Anton, untuk mengubah Rush sebagai SUV 7-penumpang bisa saja. “Tinggal tambahkan jok belakang.Ketika lebaran banyak melakukannya,” jelasnya.
Itulah perbedaan mendasarkan interior. Lainnya, konsol boks tengah audio, door trim sama. Perubahan yang dilakukan pun sama. Misal mengganti unit power steering dari hidraulik dengan listrik (motor dipasang di kolom atau batang setir).
Rush, seluruh tipe, baik G maupun S, manual atau otomatik, dilengkapi dengan tombol audio di setir. Sedangkan Terios fitur ini hanya ada pada TX.
Suspensi, seperti yang dilakukan oleh Daihatsu, perubahan dilakukan terhadap per koil dan peredam kejut, baik untuk depan maupun belakang. Khusus belakang, lengan suspensi posisi sedikit mengalami perubahan. Klaim kedua, agar makin nyaman dan stabil.
Harga antara Rush tipe G dan S yang cukup besar. Pasalnya, tipe S dilengkapi dengan ABS, kantung pengaman (airbag) buat pengemudi dan penumpang depan, spoiler belakang dengan lampu rem LED.
Harga New Rush
New Rush G 1500 VVTI manual Rp. 191.700.000
New Rush G 1500 VVTI automatic Rp. 201.700.000
New Rush S 1500 VVTI manual Rp. 200.800.000
New Rush S 1500 VVTI automatic Rp. 214.800.000
(harga updated Desember 2010)
Informasi pemesanan :
Taufik Anggoro S (Wiraniaga Auto2000 Jakarta)
telp/sms : 087887752000 / 081361660066 / 021-96756606
Tidak ada komentar:
Posting Komentar